Bermain Islamologi
Profil anak : Fatih 5 tahun 8 bulan
Kegiatan : Bermain Islamologi*
Tanggal : 26 Agustus 2019
Tujuan : family time, main bareng
Jenis kegiatan : spontan, terulang
Ekspresi : antusias, bahagia, ingin lebih lama bermain
Inti pembelajaran :
- Mengenal angka 10, 100, dan 500
- Praktek jual beli, bermain peran
- Perhitungan dasar, penjumlahan
Proses :
Permainan ini sudah ada di rumah. Fatih meminta sendiri agar kami memainkan bersama.
Dalam prosesnya, ternyata Fatih lebih tertarik dengan uang dan mengusulkan beralih ke permainan jual beli.
Fatih berperan sebagai penjual. Barang dagangannya adalah semua mainan yang ada di sekitar kami. Bunda dan Sa'id sebagai pembeli.
Fatih belajar hal baru, yaitu angka 0 adalah nol, angka 10 adalah sepuluh, 100 adalah seratus dan angka 500 adalah lima ratus. Pembelajaran ini tidak terencana, namun seiring permainan, Fatih belajar mengenal dan membedakan angka tersebut. Dia melakukan dengan antusias.
Fatih juga belajar berhitung. Meskipun masih banyak yang salah. Tapi banyak kemajuan.
Fitrah yang berkembang :
Belajar dan Nalar
Rekomendasi untuk selanjutnya :
Merutinkan main bareng setiap hari sebelum magrib. Bermain jual beli menggunakan uang dlm board game ini
Keterangan:
Islamologi merupakan salah satu board game, seperti monopoli. Perbedaannya, Islamologi mengajarkan konsep harta dalam Islam.
***************
Profil Anak : Sa'id 3 tahun 11 bulan
Kegiatan : Bermain Islamologi*
Tujuan : family time, main bareng
Jenis kegiatan : spontan, terulang
Ekspresi : antusias, bahagia,
Inti pembelajaran :
Merasakan aktivitas jual beli
Menghitung jumlah lembar uang kertas
Proses :
Sa'id ikut antusias dalam permainan Islamologi. Sa'id terlihat bahagia bisa membeli banyak barang dan memegang uang banyak.
Sa'id sempat ingin berlari ke warung untuk membelanjakan uang ini. Namun setelah bunda menjelaskan bahwa ininhanya uang mainan. Sa'id tidak jadi ke warung.
Rekomendasi kegiatan selanjutnya :
Bermain jual beli lagi
Komentar
Posting Komentar