Refleksi Belajar di Tahap Ulat

Saya mencoba membongkar ulang keranjang makanan yang sudah penuh. Ternyata banyak yang sudah saya dapatkan. Seperti pada gambar di bawah ini.


Ilmu-ilmu di atas saya kelompokkan sesuai peta Happiness from 8 to 8. Seperti di bawah ini.


Pertanyaan pada lembar selanjutnya

  1. Apakah makanan yang kudapatkan sudah sesuai dengan kebutuhan makanan yang ada di peta aku?

Jawab :
Makanan yang kudapatkan memang sangat banyak. Untuk hal utama tentang manajemen waktu, saya memperoleh banyak sekali makanan. bahkan saya juga mengumpulkan beberapa makanan untuk mendukung manajemen waktu misalnya tentang memasak 30 menitan . Saya juga mendapat hadiah tentang skill fasilitator, buku tentang family Project.

Hal yang menarik ketika saya menulis kembali mind map dalam sebuah flipchart. Saya mengganti poin menjadi koin family Project. karena menurut saya sebelum melangkah ke kredit keluarga kami harus kuat dulu tentang family Project. karena family project ini akan menjadi dasar atau pondasi untuk membuat playdate. nantinya keberhasilan dalam family Project akan kami ulangi untuk orang sekitar dalam bentuk main bareng atau playdate.

  1. Mana yang lebih banyak ku dapatkan selama berkelana di hutan pengetahuan ? makanan utama atau cemilan ?Mengapa?

jawab:
ada tiga ilmu atau skill yang saya ingin upgrade selama di Bunda cekatan ini pertama manajemen waktu kemudian memasak 30 menit ( ini terkait dengan tugas-tugas domestik) kemudian tentang family Project. Namun yang paling utama adalah manajemen waktu. Untuk skill ini saya mendapat banyak sekali makanan, ada ilmu tentang Bullet journal, kandang waktu, pdf buku find out Rasulullah Habits, buku trik cara mengatur waktu, aplikasi gadget Podomoro teknik, Family strategic planning, jadwal harian homeschooling, bank data keluarga Uluwatu,dan go live Uluwatu.

Untuk cemilan Saya memilih tentang memasak 30 menitan kemudian family Project Dan ternyata saya mendapat hadiah tentang upgrade skill fasilitator. Ini sesuai dengan roadmap keluarga kami. Saya memang sudah merencanakan untuk meng upgrade skill fasilitator untuk mendampingi homeschooling anak-anak. Ilmu tentang skill fasilitator yang saya kumpulkan : materi AFIIP, pandu 45, buku 35 talents mapping games. Untuk melengkapi ini, saya berencana membeli buku Talents Mapping.

Cemilan lainnya tentang memasak 30 menitan. Ilmu yang sudah terkumpul menyusun menu gizi seimbang dan persiapan bahan makanan (lokasi Gdrive), Go live Ratu dapur, tips dapur bersih. kemudian nanti saya akan mengumpulkan lagi tentang resep masakan nusantara dari Google.

  1. Apa yang membuatku bahagia belajar di hutan pengetahuan? Mengapa?

Jawab : 
Saya bisa belajar sesuai dengan keunikan cara saya belajar. Saya bebas memilih ilmu yang sesuai dengan selera, makan sesuai kebutuhan dan keluangan waktu. hal yang paling membuat saya bahagia adalah saya bisa mengatur sendiri ritme belajar Saya mau makan dengan banyak atau Saya mau mengunyah dengan perlahan. Saya merasa merdeka belajar.


  1. Apa strategi belajar yang kurasakan berhasil selama di hutan pengetahuan?

jawab : 

Saya menyukai belajar dengan cara menonton atau mendengar video. Nah di ulat-ulat ini banyak tersebar cemilan berupa video. Untuk makanan berat yaitu manajemen waktu, saya sedikit mengikuti diskusi langsung, bila tidak dapat hadir langsung, Saya suka sekali membaca resume atau bank data dari keluarga Uluwatu, keluarga Ratu dapur dan Keluarga Cemara. Terakhir, saya bergabung di keluarga Homeschooling, di keluarga ini, saya ingin kenal lebih dekat dengan para praktisi HS.

  1. Apa yang harus ku tingkatkan lagi?

Jawab: ada ilmu yang masih kosong yaitu tentang life skill. Saya mesti mencari sumber tentang bagaimana atau tahapan mengajarkan life skill pada anak.


Komentar

Postingan Populer